Isa Kurniawan: Strategis Untuk Pasarkan Potensi Investasi

PEMERINTAH provinsi, kabupaten dan kota di Sumbar harus berperan aktif dalam Indonesian Regional Investment Forum (IRIF) ke-2 tahun 2008 yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) 26-27 Mei mendatang di Ritz Carlton Kuningan, Jakarta.

“Forum investasi tersebut sangat penting diikuti daerah, karena disini hadir para investor dari berbagai negara di dunia. Inilah kesempatan daerah untuk memasarkan potensi yang dimilikinya,” ujar Ketua West Sumatera Investment Forum (WSIF) Isa Kurniawan, kemarin.

Di forum bergengsi yang dihadiri 1.000 peserta itu, tambah Isa, Pemerintah daerah mesti membawa database investasi sehingga para pelaku bisnis di IRIF 2008 langsung mengetahui potensi yang ditawarkan saat melakukan pertemuan bisnis.

Begitu pula dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan kepada investor sehingga mereka bisa semakin tertarik berinvestasi di daerah ini. Dari sisi keamanan, Sumbar sangat kondusif dan ini menjadi modal utama untuk menarik investasi.

“Tetapi, saya belum tahu apakah pemerintah daerah di Sumbar juga sudah memiliki database investasi dan prosedur yang tersistem dengan baik. Karena, itu sangat penting bagi investor bisa langsung memahami potensi yang ditawarkan,” jelas Isa.

WSIF sendiri, kata Isa, juga diundang secara khusus oleh Ketua IRIF 2008 Irman Gusman mengikuti forum yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan dihadiri konglomerat dunia yang juga mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra serta Komisaris Utama Sima Darby Tun Musa Hitam dan CEO Khazanah Nasional Dato Azman bin Hj. Mokhtar.

“Keikutsertaan WSIF di kegiatan tersebut akan dijadikan wadah pembelajaran sekaligus penambah spirit untuk pelaksanaan kegiatan sejenis di Sumbar (WSIF II). Mendorong pemerintah daerah aktif memasarkan potensi yang dimilikinya bagi pembangunan perekonomian di daerah,” ulas Isa. (esg)