KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini Sabtu, 24 Mei 2008 melantik 90 (sembilan puluh) orang Anggota 18 KPU Provinsi hasil seleksi calon anggota KPU Provinsi yang dilaksanakan sejak bulan Maret 2008.

Masing-masing Provinsi terdiri dari lima orang anggota sedangkan dari Komisi Independen Pemilihan Aceh (KIP) terdiri dari tujuh anggota, untuk KIP Aceh dilantik oleh Gubernur NAD, dengan SK KPU.
Adapun KPU Provinsi yang dilantik hari ini antara lain Provinsi Jambi, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, Papua, Kalimantan Selatan, Kalimatnan Tengah, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Bengkulu, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Acara yang berlangsung dalam tenda di halaman Kantor KPU, dimulai pada pukul 10.00 WIB itu dihadiri oleh Seluruh Anggota KPU, Pejabat Sekretariat Jenderal KPU, pejabat Depdagri, Bawaslu, dan direksi dari TV One dan MetroTV serta para undangan lainnya.

15 orang di antara anggota KPU Provinsi terpilih adalah anggota lama yang terpilih kembali, di antaranya adalah Juri Ardiantoro dari KPU Provinsi DKI Jakarta. Mufti Syarfie, Marzul Veri, Ardian, dan Husni Kamil Manik dari KPU Provinsi Sumatera Barat, serta Faridawaty dari Kalimantan Tengah.

Tiga Pesan Ketua KPU

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Hafiz Anshary, memesankan sejumlah hal antara lain pertama, setelah pelantikan tersebut agar anggota KPU Provinsi untuk segara melakukan konsilidasi internal di lingkungan KPU Provinsi sehingga kegiatan yang hendak dilaksanakan bisa berjalan secara sinergi antara sekretariat dan Anggota KPU Provinsi.

Kedua, melakukan pembelajaran secara kompreshensif terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilu Kepala Daerah di wilayahnya. Hal ini dimaksudkan untuk bahan masukan dalam merumuskan langkah-langkah perbaikan ke depan.

Ketiga terhadap kritik dan saran yang bersifat membangun, harus disikapi secara positif, namun demikian sebaliknya terhadap kritik yang sifatnya tidak sehat, dapat disikapi secara wajar dengan hati yang dingin dan penuh kesabaran. Demikian ujar ketua KPU. (kpu.go.id)