“Bernostalgia Kuliner di Festival Jajanan Bango, Merayakan 80 Tahun Bango” Memperebutkan Hadiah Total Senilai Rp 80,000,000!

Pengantar
Dalam rangka pelaksanaan Festival Jajanan Bango 2008 (FJB 08), Bango yang menjadi merk kecap andalan PT Unilever Indonesia Tbk. kembali menggelar lomba penulisan artikel, lomba foto, lomba ngeblog, dan entry baru yaitu lomba video. Penyelenggaraan berbagai lomba bernuansa kreatif ini merupakan salah satu segmen acara dari road show FJB 08 yang tahun ini digelar di 3 kota yaitu Surabaya, Bandung, dan Jakarta – berlangsung mulai Mei hingga Agustus 2008 mendatang. Sebanyak 8 (delapan) kota lain mengirimkan wakilnya, yaitu para penjaja makanan, sebagai Duta Bango. Digelarnya FJB tahun ini sekaligus untuk merayakan ulang tahun Bango ke-80, dimana kecap ini telah hadir di Indonesia sejak 1928.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para jurnalis (pewarta), fotografer, bloggers, video makers dan masyarakat luas dalam ikut meningkatkan citra aneka hidangan tradisional dan jajanan khas Nusantara dan memajukan kegiatan wisata kuliner, Bango mengundang rekan-rekan media, fotografer, para blogger dan masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam aneka lomba yang memperebutkan hadiah total senilai Rp 80,000,000 (Delapan Puluh Juta) ini.

Lomba dibagi menjadi 4 (empat) kategori yaitu:
– Lomba Menulis Bango
– Lomba Foto Bango
– Lomba Blog Bango
– Lomba Video Bango

Lomba Menulis Bango
Lomba ini ditujukan khusus untuk para jurnalis media cetak dan online di Indonesia, sebagai bentuk apresiasi dari Bango kepada rekan-rekan wartawan dalam ikut serta mengangkat citra aneka makanan tradisional warisan nenek moyang kita dan mempromosikan wisata kuliner melalui media dimana ia berkiprah. Untuk itu, Bango mengundang rekan-rekan wartawan kiranya dapat ikut berpartisipasi dalam lomba penulisan artikel ini.

Tema
“Lomba Menulis Bango” kali ini mengangkat tema “Bernostalgia Kuliner di Festival Jajanan Bango, Merayakan 80 Tahun Bango”, dan terbuka untuk diikuti oleh para jurnalis dimana saja berada. Ulasan di artikel menggambarkan pengalaman yang mengasyikkan berwisata kuliner dalam kegiatan yang rutin digelar oleh Bango, yaitu “Festival Jajanan Bango”.

Hadiah
Hadiah untuk para pemenang Lomba Menulis Bango:

Juara 1
Uang tunai senilai Rp 8,000,000
+ Cinderamata Bango + Piagam

Juara 2
Uang tunai senilai Rp 6,000,000
+ Cinderamata Bango + Piagam

Juara 3
Uang tunai senilai Rp 3,000,000
+ Cinderamata Bango + Piagam

Juara Harapan
Sebanyak 3 orang pemenang, masing-masing mendapat hadiah uang tunai senilai
Rp 1,000,000
+ Cinderamata Bango + Piagam

Kriteria lomba
• Untuk dapat mengikuti lomba ini, silakan Anda liput acara “FJB 2008”. Pilih salah satu kota terdekat dimana Anda kini bermukim: Surabaya, Bandung, atau Jakarta. Anda juga dapat meliput gerai/warung/rumah makan penyanji masakan tradisional yang terpilih sebagai Duta Bango di kota Bogor, Semarang, Makassar, Solo, Yogyakarta, Medan, Malang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

• Saat tiba di lokasi FJB, daftarkan diri Anda di tenda “Media Center”. Khusus untuk media, pendaftaran dibuka mulai pukul 9.30 WIB hingga 17.00 WIB, dimana usai acara pembukaan akan digelar media briefing.

• Anda juga dapat mengirimkan mendaftarkan diri melalui email, tujukan ke:
festivaljajananbango@yahoo.com

Untuk pendaftaran peserta tidak dipungut biaya apapun.
• Materi yang diikutsertakan dalam lomba berkaitan dengan acara “Festival Jajanan Bango” (FJB), dimana isi artikel yang Anda tuliskan menggambarkan suasana kegiatan tahunan yang rutin digelar oleh Bango tersebut. Tulisan dikaitkan dengan pentingnya upaya melestarikan kuliner Nusantara warisan nenek moyang kita.

• Isi artikel mengkomunikasikan acara yang digelar oleh Bango dalam penyajian yang menarik, dengan gaya penulisan hendaknya mengikuti kaidah jurnalistik dan disarankan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

• Mengingat tema lomba tahun ini terkait dengan wisata kuliner, paparkan kondisi pariwisata secara umum serta geliat wisata kuliner di daerah Anda masing-masing untuk memperkaya ilustrasi tulisan Anda.

• Tulisan karya Anda yang akan dinilai oleh Dewan Juri adalah yang dimuat/ tayang di media cetak/online baik lokal maupun nasional, dalam kurun waktu 10 Mei – 31 Oktober 2008.
• Keputusan Dewan Juri tak dapat diganggu gugat.

Jadwal Pelaksanaan FJB 2008

Bandung:
Sabtu, 28 Juni 2008 di Lapangan Gasibu, Bandung, dibuka untuk umum mulai pukul 12.00 WIB.

Jakarta:
jadwal menyusul

Sudah berlangsung di Surabaya:
Sabtu, 10 Mei 2008 di Stadion Brawijaya, Jl. Hayam Wuruk (seberang Sutos – Surabaya Town Square), digelar mulai pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Dewan Juri
Internal PT Unilever Indonesia, Tbk serta wakil dari Mindshare, Lowe Worldwide dan BizzComm!

Keikutsertaan lomba
Kirimkan karya Anda yang sudah dimuat/tayang di media cetak (berupa guntingan artikel, bukan fotocopy) atau online (berupa print out, bukan fotokopi), internet link (URL address) bilamana ada, plus data peserta lomba (nama, nomor telepon/HP, e-mail dan alamat lengkap) , tujukan ke:

Erni Utami Yamin
BizzComm!
Jl. Seno Lama no 26,
Pejaten Timur, Jakarta Selatan 12510

E-mail: festivaljajananbango@yahoo.com
Mohon lampirkan foto copy KTP.

Pengumuman pemenang lomba
Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2008 di Jakarta.

Saran
• Bagi rekan-rekan wartawan yang berminat mengikuti lomba ini kami sarankan untuk bergabung di milis Komunitas Bango Mania (KoBaMa) dengan URL address:

http://www.yahoogroups.com/group/bango-mania

Atau kirimkan email kosong, tujukan ke:

bango-mania-subscribe@yahoogroups.com

• Untuk informasi lebih lanjut mengenai lomba dapat Anda simak di:

http://www.bango-mania.org

• Guna melengkapi tulisan dan foto-foto, Anda kami persilakan untuk mengunjungi gerai-gerai penjaja makanan di kota Anda yang pernah atau saat ini mengikuti FJB. (http://www.bango-mania.org)