PEMPROV Sumbar menyambut baik diselenggarakannya Indonesian Regional Investment Forum (IRIF) 2008 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta yang digelar mulai hari ini (26/5) hingga besok (27/5). “Forum ini sangat strategis sebagai sarana untuk mempromosikan potensi investasi di daerah,” ujar Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi, kemarin.

Dalam forum yang diprakarsai Wakil Ketua DPD RI Irman Gusman dan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, kata Gubernur, Provinsi Sumbar akan menawarkan sejumlah potensi investasi. Di sektor pertambangan, pengolahan hasil tambang, dan pabrik pengolahan ikan serta pariwisata. Di antaranya, investasi resort, hotel dan rumah sakit.

“Kita tidak lagi mempromosikan investasi di sektor perkebunan, karena sudah jenuh,” kata gubernur.

Selain mempromosikan investasi, gubernur menilai forum investasi itu juga sangat penting dijadikan sarana peningkatan wawasan promosi dan investasi global bagi staf terkait di lingkungan Pemprov Sumbar, Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Dari Sumbar, IRIF akan diikuti Wakil Gubernur Sumbar Marlis Rahman, karena pada hari yang sama Gubernur membuka rapat rapat koordinasi bersama bupati/walikota se-Sumbar di Kabupaten Sijunjung. Wagub akan hadir bersama Asisten II Setprov Sumbar Suryadharma Sabirin, Kabiro Perekonomian Setprov Sumbar Afriadi Laudin dan Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Sumbar James Hellyward.

Sebelumnya, Afriadi Laudin menyebutkan, Sumbar akan menawarkan enam proyek dalam IRIF 2008. Untuk bidang pariwisata, ditawarkan pengembangan kawasan wisata Gunung Padang di Kota Padang, Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, kawasan Lembah Harau di Kabupaten Limapuluh Kota dan pembangunan jembatan Ngarai Sianok di Kota Bukittinggi.

Sedangkan untuk bidang perikanan akan ditawarkan usaha penangkapan tuna di Bungus dan pengembangan budidaya ikan kerapu di Tarusan Pesisir Selatan. “Kalau memang ada yang menginginkan investasi lain, kita tetap akan mempersiapkan bahan-bahan lainnya. Karena ini kesempatan dan peluang untuk mendatangkan investasi ke Sumbar,” kata Afriadi Laudin. (esg)