Ajang pertemuan para profesional media, periklanan,kreatif, riset dan marketing se-Asia Pasifik

SETELAH berhasil diadakan dengan sukses pada tahun 2005 dan 2006, Association of Asia Pacific Advertising Media (AAPAM) – asosiasi para profesional media periklanan Asia Pasifik kembali mengadakan Asia Pacific Media Forum (APMF) 2008 secara besar-besaran.

Forum yang menjadi ajang berkumpul dan berbagi pengalaman para pakar media, periklanan, kreatif, riset dan marketing di Asia Pasifik ini akan diadakan pada tanggal 4 – 7 Juni 2008 di Bali International Convention Center di Nusa Dua Bali. Untuk perhelatan kali ini APMF akan mengangkat tema “The New Avatar Media”.

Ajang pertemuan media, periklanan, kreatif, riset dan marketing dua-tahunan ini dimulai pada tahun 2005 dalam rangka menjawab tantangan-tantangan yang muncul dalam tren media periklanan, pengaruh dari hadirnya teknologi baru bagi para pengiklan dan kreatif iklan, model bisnis media baru, pengukuran efektivitas media, kecepatan daya serap konsumen dalam mengadopsi tren baru dan masih banyak lagi. Pada tahun APMF 2006, AAPAM mengangkat tema “Moving Faster” dan berhasil mengumpulkan 25 pakar dari industri untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi dengan lebih dari 400 praktisi media, periklanan, kreatif, riset dan marketing yang menjadi peserta forum.

“Tantangan yang dihadapi oleh industri media dan marketing dewasa ini semakin besar, terlebih dengan kian bergesernya kontrol dari tangan media maupun advertiser ke tangan konsumen dan munculnya hyper-competitive marketplace,” jelas Andi Sadha, Ketua Pelaksana APMF 2008.

Untuk APMF 2008, AAPAM telah berhasil menarik minat para pemikir terdepan, pemimpin pasar dan agen perubahan terdepan Asia Pasifik untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi pada forum yang rencananya akan diadakan selama dua hari ini. Para pakar seperti Tony Fernandes (CEO AirAsia), Keith Bellows (Editor-in-Chief National Geographic Traveler), Debby Sadrach (Home & Personal Care Director – Unilever Indonesia), Ian Stewart (Senior VP – MTV Networks Asia), Gavin Mehrotra, (International Media Director – The Coca-Cola Company) dan lain-lainnya.

Pada acara APMF 2008 ini, selain peserta dari kalangan profesional, AAPAM juga mengundang peserta dari kalangan universitas dan para pelajar. Peserta kalangan univesitas dan pelajar ini akan dilibatkan ke dalam acara-acara APMF maupun ke dalam acara Student Media Forumacara yang diselenggarakan oleh IAA (International Advertising Association) dan Board of Advertising Education Indonesia di Nusa Dua Bali pada tanggal 7 Juni 2008. “Dalam membahas masa depan industri, kami dari kalangan profesional juga perlu memikirkan masalah regenerasi. Dengan Student Media Forum ini, kalangan akademisi dapat ikut terlibat baik dalam memberikan kontribusi pemikiran, maupun belajar bersama dari para pakar-pakar hebat yang menjadi pembicara,” jelas Andi.

Lebih lanjut lagi Andi menjelaskan bahwa harapan AAPAM dalam mengadakan APMF 2008 kali ini adalah agar para profesional dari media, periklanan, kreatif, riset dan marketing di Indonesia dapat memanfaatkan ajang ini untuk memikirkan dan mengatur ulang strategi sehingga bisa lebih melibatkan konsumen ke dalam kegiatan brand mereka dengan cara yang lebih segar lagi. “Kami nanti kehadiran rekan-rekan di APMF 2008 -Nusa Dua Bali tanggal 4-7 Juni 2008,” tutup Andi

Untuk registrasi perserta, silahkan kunjungi http://www.asiapacificmediaforum.com/

Tentang APMF

Asia Pacific Media Forum (APMF) adalah ajang yang didukung oleh AFAA (Asian Federation of Advertising Agencies) dan IAA (International Advertising Association). Dewasa ini, media memainkan peran yang sama signifikannya dengan kreatif, bahkan lebih. Sementara telah banyak forum yang membahas mengenai kreativitas, namun hanya sedikit yang membahas masalah media dalam konteks periklanan.

APMF pertama diadakan di Le Meridien Resort, Tanah Lot, Bali pada bulan Maret 2005, dan dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta. APMF kedua diadakan di Westin Hotel & Resort, Nusa Dua, Bali pada bulan November 2006, menghadirkan sekitar 500 peserta dan para pembicara dari Asia Pasific, Eropa, Inggri dan Amerika Serikat .

Para peserta dari APMF adalah para eksekutif dan manajer papan atas dari biro periklanan, media, para pengiklan, pakar media, perusahaan riset dan akademisi dari Asia Pasifik dan bagian dunia lainnya.

Tentang AAPAM

Badan organisasi dari APMF, AAPAM didirikan pada tahun 2003 sebagai sebuah asosiasi non-profit dari para profesional dari kalangan media dan periklanan.

Memiliki sistem keanggotaan yang terbuka, AAPAM hadir guna mempertemukan para profesional dari media hingga ke mainstream, para pakar periklanan hingga para pengiklan dari berbagai negara di Asia Pasifik.

AAPAM, adalah organisasi regional berbasis di Jakarta, yang didirikan oleh para profesional dunia periklanan di Indonesia dibawah bimbingan Asian Federation of Advertising Associations.

Para Pembica APMF 2008

Hari Pertama (Kamis, 5 Juni 2008):

· Tony Fernandes, Group CEO AirAsia, yang akan membuka forum dengan presentasi beliau mengenai keberhasilan AirAsia dalam mengubah wajah industri penerbangan dalam topik “Transforming the Way People Fly”.

  • Douglas Khoo, Founder & Director of OneXeno dan Nick Emery, Chief Strategy Officer, GroupM/MindShare Worldwide, yang akan berdiskusi mengenai cara-cara dalam melakukan terobosan dalam hal consumer engagement dan berbagi pandangan mereka mengenai berakhirnya model biro iklan tradisional.

· Vishnu Mohan, Asia Pacific CEO, MPG dan Tim Balbirnie, Chief Executive Officer South Asia, Synovate yang akan memaparkan bagaimana cara mengukur keefektifan media dan cara-cara yang bisa dilakukan dalam menyesuaikan strategi bagi para pemilik media dalam menjaga momentum kebangkitan media

· Mark Holden, Managing Director – PHD Australia; Kentaro Kimura, Co-CEO, Creative Director & Account Planner – Hakuhodo Kettle Inc dan Prashun Dutt, Director-Consultant: Marketing, Strategy & Communications for UTUSAN Newspapers and Magazines and The Sun (Nexnews), yang akan membahas pandangan mereka tentang apa saja yang diharapkan dari pemilik media dewasa ini dan masa yang akan datang.

  • Keith Bellows, Editor-in-Chief – National Geographic Traveler, akan berbagi mengenai perkembangan terbaru dari National Geographic

Hari Kedua (Jumat, 6 Juni 2008):

· Debby Sadrach, Home & Personal Care Director – Unilever Indonesia dan Ian Stewart, Senior VP – MTV Networks Asia, yang akan berdiskusi mengenai pentingnya misi social dari sebuah Brand di dunia yang penuh dengan konsumen yang sadar social.

· Di datangkan dari Hollywood, Peter Tortorici, President – GroupM Entertainment. Beliau akan membahas perkembangan terakhir dalam mengubah dunia hiburan menjadi sebuah medium untuk brand engagement di seluruh dunia, serta memprovokasi pemikiran anda dalam peran hiburan dalam bauran marketing.

· Para pemimpin media baru seperti, Barney Loehnis, Asia Pacific Director – Isobar; Kotaro Sugiyama, Senior Executive Officer – Dentsu Japan dan Pushkar Sane, Head Of Digital – Starcom MediaVest Group Asia yang akan membahas peran penting internet, komunikasi bergerak dan permainan online sebagai medium bagi personal engagement, dan tips dalam memasarkannya di seluruh negara di Asia Pasifik.

Rencananya, APMF 2008 kali ini akan ditutup dengan catatan penting dari:

  • Ian Gee, Brand Planning Strategist – Initiative Media, mengenai cara-cara dalam bekerjasama dengan konsumen dalam menciptakan relevansi brand
  • Scott Thomson, Global Head of Evaluation – Naked Communication, mengenai kehandalan dari eksekusi media yang unik
  • Gavin Mehrotra, International Media Director – The Coca-Cola Company, mengenai pentingnya kerjasama strategis antara klien dengan biro komunikasi mereka guna mencapai kesuksesan dalam era kebangkitan media

Kontak media:

Thomas Franky

Fortune PR

Plasa III Pondok Indah Blok D-03

Jl. Maria Walanda Maramis

Pondok Indah 12310

Tel: 021 – 765 8506 -08

Fax: 021 -765 8509

Email: franky@fortunepr.com