INTERNAZIONALE Milan mengumumkan, telah memecat secara resmi pelatih Roberto Mancini yang telah sukses membawa Nerazzuri meraih gelar Serie A tiga musim terakhir secara berturut-turut.

Presiden klub Massimo Moratti sebelumnya menggelar pertemuan dengan Mancini dan setelah dua hari spekulasi beredar, pihak klub mengumumkan pencopotan jabatan Mancini di Giuseppe Meazza.

“Inter memberitahukan bahwa Roberto Mancini telah dipecat sebagai pelatih, secara khusus hal ini diambil karena komentar yang dibuat pelatih di akhir pertandingan melawan Liverpool,” tegas pihak klub.

Jika melihat prestasi Inter dalam tiga musim terakhir, tidaklah pantas Mancini mendapat keputusan itu. Tetapi, hubungannya yang buruk sejak Inter dikalahkan Liverpool di babak 16 besar Liga Champions, Maret lalu, tampaknya menjadi alasan kuat.

Dalam perselisihan ini, tentu Moratti bisa menggunakan kekuasaannya sebagai pemilik klub untuk menendang lawannya. Mancini sendiri sempat menarik ucapannya, hanya sehari setelah ia menyatakan akan hengkang di akhir musim.

Terbukti, hingga sukses membawa Inter meraih gelar Serie A musim 2007/08, pelatih berusia 43 ini, tetap berniat menghabiskan sisa kontraknya empat tahun. Tapi, Moratti membenamkan harapannya untuk lebih lama di Meazza, pada Kamis (29/5)

Hubungannya dengan staf medis klub juga renggang setelah Mancini mengritik metode penyembuhan mereka. Ia juga sempat tidak berbicara dengan media Italia selama beberapa pekan karena ia merasa kesal dengan pemberitaan yang ada mengenai dirinya.

Dipecatnya Mancini sekaligus memperkuat keyakinan bahwa Jose Mourinho akan datang menggantikannya. Sebaliknya, Mancini dianggap sebagai kandidat kuat untuk menangani Chelsea menyusul pemecatan Avram Grant. [inilah.com]