MANTAN ibu negara AS Hillary Rodham Clinton akan mengakui keunggulan rivalnya Barack Obama dalam mengumpulkan delegasi untuk mencapai nominasi partai Demokrat. Apabila Obama dipastikan meraih delegasi yang diperlukan untuk meraih nominasi setelah berlangsungnya pemilihan pendahuluan di South Dakota dan Montana, Hillary akan secara efektif mengakhiri upaya menjadi presiden perempuan AS pertama.

Hillary dilaporkan akan mengakhiri kampanyenya dalam pidato di New York. Istri mantan presiden AS Bill Clinton ini akan terus menyuarakan perjuangan terhadap masalah perawatan kesehatan, namun bukan untuk tujuan kampanye.
Menurut salah satu staf kampanye Hillary yang tidak disebutkan namanya, tim kampanye senator New York tersebut akan dibubarkan dan diberikan bayaran hingga 15 Juni mendatang. Beberapa penasehatnya menjelaskan Hillary telah menetapkan keputusan strategis untuk tidak secara resmi mengakhiri kampanyenya.

Hal itu untuk membuka kesempatan bagi Hillary bernegosiasi dengan Obama dalam berbagai hal termasuk kemungkinan nominasi baginya sebagai wakil presiden. Hillary juga dilaporkan berkeinginan mengarahkan Obama pada beberapa hal yang difokuskan untuk memenangi pemilihan presiden AS, diantaranya adalah memperjuangkan perawatan kesehatan.

Obama tinggal mengumpulkan 40 delegasi lagi untuk mencapai kuota yang ditentukan pada nominasi, yaitu 2.118 delegasi. Namun, Obama diperkirakan oleh sebagian besar pihak akan kembali mendapatkan dukungan dari sejumlah delegasi super dan pemilihan pendahuluan di South Dakota serta Montana Selasa (3/6) atau Rabu (4/6) waktu Indonesia.

Sumber: www.kompas.com/read/xml/2008/06/03/22580195/akui.kalah.hillary.akan.berbalik.dukung.obama