Finalis Piala Dunia 2006 Prancis ditahan imbang tanpa gol oleh Rumania pada pertandingan pertama mereka di Grup C Euro 2008 di Stadion Letzigrund Senin waktu setempat.

Prancis lebih menguasai jalannya pertandingan tersebut dan secara konstan melakukan tekanan namun mereka tidak bisa menembus rapatnya pertahanan Rumania.

Rumania terlihat lebih berkonsentrasi pada pertahanan sementara Prancis mendominasi permainan namun hanya menciptakan sedikit peluang.

Prancis memulai pertandingan dengan tidak diperkuat penyerang Thierry Henry, yang mengalami cedera pada pertandingan pemanasan dan pemain tengah sekaligus kapten tim Patrick Vieira, yang tidak bermain karena cedera paha.

Nicolas Anelka menggantikan peran Henry di depan sedang Jeremy Toulalan mengantikan peran Patrick Vieira sebagai gelandang bertahan.

Peran kapten diserahkan pada pemain belakang Lilian Thuram, yang kini mencatat rekor tampil pada pertandingan ke-15 dia dalam putaran final Piala Eropa.

Anelka sempat mendapat peluang pada menit kesembilan namun tembakannya terlalu lebar dan kemudian melakukan sundulan namun juga hanya melintas di atas mistar gawang saat pertandingan berlangsung setengah jam.

Prancis mendapat peluang lainnya pada menit ke-17, saat penjaga gawang Rumania Bogdan Lobont harus berjuang keras mementahkan bola dari Florent Malouda. Anelka kembali melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti namun melesat di sisi gawang rumania.

Tiga pemain Rumania Daniel Niculae, Cosmin Contra, dan Dorin Goian diganjar kartu kuning oleh wasit Manuel Mejuto dari Spanyol pada babak pertama pertandingan tersebut.

Prancis meneruskan penguasaan permainan mereka pada babak kedua dengan beberapa peluang tercipta namun juga tidak membuahkan hasil.

Florent Malouda menggiring bola dari sisi kiri mengalahkan dua pemain belakang Rumania dan langsung melepaskan tembakan namun hanya melintas di atas mistar gawang Bogdan Lobont pada menit ke-48.

Dua menit kemudian Willy Sagnol diganjar kartu kuning karena menjegal Banel Nicolita, yang menghasilkan tendangan bebas namun tendangan Adrian Mutu membentur pagar yang dibuat para pemain Prancis.

Karim Benzema pada menit ke-56 mendapat sodoran umpan dari Franck Ribery dari sisi kanan namun masih bisa diamankan Lobont. Beberapa menit kemudian Benzema mendapat peluang setelah mendapat umpan sundulan Anelka, namun tembakannya ke sisi gawang Rumania.

Beberapa pergantian dilakukan pelatih Prancis Raymond Domenech diantaranya menarik keluar Anelka pada menit 71 dan juga Benzema lima menit kemudian namun tidak bisa mengubah keadaan.

Beberapa pergantian juga dilakukan Rumania dan meski sempat mendapat peluang, pertandingan tetap harus berakhir dengan imbang tanpa gol.

Rumania pada pertandingan berikutnya akan menghadapi Italia pada 13 Juni di Zurich, sedang Prancis menghadapi Belanda di Bern, demikian Reuters.(*)

Sumber: antara