Setelah mengalami kebuntuan selama 67 menit, Swedia akhirnya mampu melumat juara bertahan Yunani dengan skor 2-0, di Stadion Wals Siezenheim, Salzburg, Rabu (11/6) dini hari WIB.

Swedia yang memainkan formasi 3-5-2 memang menguasai permainan. Namun, duet Henrik larsson dan Zlatan Ibahimovic belum memperlihatkan ketajamannya untuk membobol gawang Yunani yang dikawal Antonis Nikopolidis.

Sebuah sundulan Ibrahimovic pada menit ke-32, masih melambung di atas mistar gawang. Sementara beberapa menit sebelumnya ia juga mendapatpeluang di dalam kotak penalti. Tapi, sayang kurang akurat dalam mengontrol bola dengan dada, sehingga kesempatan lepas.

Sebaliknya, Yunani yang mengandalkan serangan bali juga beberapa kali mengancam gawang Swedia yang dikawal Andreas Isaksson. Namun, tak satupun peluang yang mampu dimaksimalkan menjadi gol, karena seringkali terburu-buru dalam melakukan penyelesaian akhir.

Yunani berhasil memiliki peluang pada gebrakan pertamanya di meniet ketujuh. Striker andalannya Angelos Charisteas, setelah melewati dua pemain, langsung melepaskan tendangannya. Namun, Isaksson yang berdiri pada posisi tepat berhasil menangkap bola.

Secara keseluruhan, babak pertama berlangsung kurang menarik karena pertarungan lebih banyak terjadi di lapangan tengah. Kedua, hanya saling menyerang tetapi belum akurat pada penyelesaian akhir.

Di babak kedua serangan Swedia tak mengendur, namun hingga menit ke-67 Ibrahimovic mendapatkan kesempatan melepaskan tendangan keras. Bolanya yang meleset bak peluru, tak mampu dibendung Nikopolidis.

Selang tiga menit kemudian, sebuah kemelut terjadi setelah tendangan Henrik Larsson

dibendung Nikopolidis. Namun, bola yang lepas melamung jatuh tepat di sisi kanan depan gawang diperebutkan Petter Hansson dan dua pemain Yunani.

Kemelut tersebut berakhir dengan terjadinya gol kedua, ketika Hansson yang terjatuh dari duel di udara justru menyentuh bola dengan kakinya, sehingga masuk ke dalam gawang Yunani. Gol tersebut memperbesark kemenangan Swedia menjadi 2-0.

Yunani berusaha memperkecil ketinggalan, namun Swedia sudah mulai mengendurkan tempo permainan dan merapatkan pertahanannya. Beberapa serangan Yunani sempat mengancam gawang Isaksson, tetapi tak sampai menjadi gol.[S1]

Sumber: inilah.com