Berakhir sudah kebersamaan Roberto Donadoni dengan Tim Nasional Italia. Menyusul kegagalan Azzurri (julukan Timnas Italia) melaju ke semifinal Euro 2008, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) terpaksa memutus kontrak pelatih berusia 44 tahun tersebut.

FIGC sendiri sebetulnya akan menyampaikan keputusan resmi terkait masa depan Donadoni pada Jumat waktu setempat atau Sabtu WIB (28/6). Ternyata, karena rumor di media sudah begitu deras menyebutkan kalau Donadoni bakal didepak, FIGC pun akhirnya menyampaikan pengumuman lebih cepat dari jadwal yang mereka tentukan.

‘’FIGC secara resmi mengumumkan kalau kontrak Donadoni dengan timnas sudah berakhir,’’ demikian keterangan yang disampaikan juru bicara FIGC kepada Reuters.
‘’Presiden Giancarlo Abete (Presiden FIGC) telah bertemu Donadoni hari ini (kemarin WIB) di kantor FIGC. Selama pertemuan, mereka melakukan evaluasi atas prestasi Italia dalam dua tahun terakhir dan selama Euro,’’ jelasnya.

‘’Presiden menekankan, kalau dia sangat respek pada Donadoni, dan mengapresiasi kerja kerasnya. Dan presiden belum memutuskan siapa yang akan melanjutkan tugasnya,’’ lanjutnya.
Meski belum memutuskan siapa pelatih yang menggantikan posisi Donadoni, tapi publik dan media Italia percaya, kalau FIGC akan kembali memanggil Marcello Lippi. Rumor itu semakin mendekati kenyataan, lantaran kemarin (26/6) media memergoki Lippi tengah melakukan pertemuan dengan Abete.

Dalam pertemuan yang dilangsungkan di Roma itu, kabarnya sudah ada kata sepakat kalau pelatih yang sukses membawa Italia merebut trofi Piala Dunia 2006 tersebut, akan kembali menangani timnas. Pengumuman pendepakan Donadoni rencananya bakal dilakukan sesegara mungkin.

Sejak meninggalkan kursi pelatih Gli Azzurri, Lippi memang tidak lagi menaangani tim. Nama pelatih yang pernah membawa Juventus meraih trofi Serie A lima kali ( 1995, 1997, 1998, 2002, 2003 ) itu sempat dikaitkan – kaitkan dengan beberapa klub di Inggris, Portugal, bahkan Timnas Meksiko.

Donadoni sendiri, hingga kemarin belum mengeluarkan sikap soal keputusan FIGC yang memutus kontraknya. Tapi, sejak awal Donadoni sudah yakin, kalau posisinya tak mungkin bisa dipertahankan. Ini tercermin dari pernyataannya Rabu (25/6) lalu, dimana statusnya sebagai pelatih Azzurri hanya tinggal hitungan jam.

“Anda harus sabar dalam waktu 24 jam. Besok (Kamis) saya akan bertemu dengan (Giancarlo) Abete dan kemudian kalian semua tahu apa yang akan terjadi,” ungkap Donadoni. (jawapos)

Donadoni Bersama Azzurri:
Juli 2006 : Donadoni ditunjuk menggantikan Marcello Lippi
16 Agustus 2006 : Debut bersama Azzurri (uji coba lawan Kroasia)
3 Juni 2008 : FIGC memperpanjang kontrak Donadoni
10 Juni 2008 : Italia kalah 0-3 dari Belanda, yang merupakan kekalahan terbesar dalam 25 tahun terakhir .
18 Juni 2008 : Italia mengalahkan Prancis 2-0, dan lolos perempat final Euro 2008
22 Juni 2008: Italia kalah adu penalti dari Spanyol, dan gagal melangkah ke semifinal.
23 Juni : Donadoni dan pemainnya kembali ke Italia
26 Juni : FIGC memutuskan kontrak Donadoni