New Orleans : Hampir dua juta orang meninggalkan pantai Louisiana, sejak Minggu (31/8), saat Badai Gustav hanya terpaut beberapa jam saja dari daratan. Badai dahsyat itu diperkirakan akan terjadi Senin (1/8). Gubernur Louisiana Bobby Jindal memaparkan, hingga kini telah 1,9 juta orang meninggalkan daerah pantai, dan hanya 10.000 orang diduga masih bertahan di New Orleans.

“Ini tetap merupakan badai yang sangat berbahaya. Belum terlambat untuk mengungsi. Saya sangat mendorong anda melakukannya,” kata Jindal dalam pernyataannya.

Antrean panjang mobil dan bus mengalir ke luar New Orleans, setelah Walikota Ray Nagin memerintahkan pengungsian wajib 239.000 warga dari kota tersebut. Petugas ramalan memproyeksikan Badai Gustav akan mendarat di sebelah barat New Orleans sekitar tengah hari Senin. Namun, tak lagi diramalkan berada pada Kategori 4 dari skala lima tingkat Saffir-Simpson.Berdasarkan keterangan US National Hurricane Center, kecepatan angin yang dibawa badai tersebut diperkirakan sekitar 200 km/jam. Sehingga badai itu berada pada Kategori 3. Namun, peningkatan gelombang hingga 4,3 meter dapat mengancam bendungan yang tiga tahun lalu jebol akibat terjangan Badai Katrina.

Badai Gustav menghidupkan kembali kenangan akan Katrina, yang menerjang hampir tepat tiga tahun lalu. Badai ini mengakibatkan 80% kota itu tergenang banjir, 1.500 orang tewas di lima negara bagian, dan negara menderita kerugian US$80 miliar. [*/R2]

Sumber: Inilah.com